Selasa, 03 November 2015

What Doesn't Kill You Makes You Stronger

Halo semua! Sudah lama gak ngepost nih di blog ini, gua bener-bener disibukkan sama urusan kuliah yang benar-benar susah , padahal katanya di semester 1 merupakan tahap paling bahagia (?) Tugas yang banyak, materi pelajaran yang susah, lingkungan yang kurang mendukung benar-benar menjadi masalah tersendiri buat hidup gua, karena belum terbiasa hidup dan mengusahakan semua nya sendiri. Pernah waktu itu 1 minggu , isinya 3 ujian tengah semester, padahal 1 nya Fisika, yang kalian semua udah tau kalau itu butuh waktu yang sangat lama buat mengerti dan memahami pelajaran kesayangan   menyebalkan tersebut. Dan salah nya gua, gua lebih memprioritaskan ujian tengah semester yang akan datang lebih dulu , seperti PRD (Pengantar Rekayasa dan Desain, ini tuh pelajaran tentang gimana jadi engineer yang baik dan profesional yang mampu menyelesaikan masalah gitu) , dan juga Bahasa Inggris. Ujian Fisika di hari Sabtu, dan gua baru bisa belajar konsen pelajaran itu di hari Kamis. Dan ternyata gua gabisa ngerjain ujian Fisika tersebut......... dan hari ini nilai diberikan . Yap, gua dapet nilai yang bener-bener mengecewakan, meskipun gua udah takut aja gua bakal dapet dibawah 40, ternyata gua dapetnya diatas 40, tapi dibawah 60. Disini gua bener-bener down, indeks nilai Fisika gua cuma C, nilai pertama gua di ITB yaitu C. Sampai sekarang gua masih lemes, masih terpengaruh akan kesedihan dapet nilai tersebut. Gua kasihtau nyokap, nyokap cuma bilang "yaudah gapapa, namanya juga masih pemula, jangan dijadiin beban". Disaat gua lagi sedih karena gua dapet nilai jelek, yang berarti gua gagal buat bikin ortu seneng, ortu gua malah slow aja. Disini gua beneran tambah down, sedih yang berkepanjangan, jadi mellow untuk hari ini .......

Lalu gua pulang ke kost, terus berdoa sama Tuhan kalo gua bener-bener sedih dapet cobaan kaya begini, gua ngerasa gaenak sama ortu yang udah ngebiayain hidup gua disini. Lalu tiba-tiba pas gua buka LINE, ada post dari official account "Blessing" (semacam renungan agama) yang menurut gua pas banget tiba-tiba muncul disaat kondisi gua lagi terpuruk begini. Kira-kira begini bunyinya: 

"Tuhan tidak pernah membiarkan sesuatu hal yang buruk terjadi kepada anak-Nya. Tetapi , Tuhan mengijinkan hal tersebut terjadi kepada anak-Nya , karena Tuhan punya rencana dibalik semuanya itu. Tuhan ingin membentuk anak-Nya untuk kebaikan mereka sendiri. Tuhan ingin menggunakan masalah itu menjadi batu loncatan untuk anak-anakNya agar menjadi lebih baik.Karena itu, kita tidak boleh menyerah hanya karena 1 masalah, karena itu menjadi kesempatan kita untuk mengoreksi diri kita dan meningkatkan kemampuan kita, untuk menjadi pribadi dengan kapasitas dan kemampuan yang lebih baik."

Disini gua merasa tersadar, kalau sebenernya gua gabisa sedih terus. Emang gua akuin, gua orangnya tuh kalau lagi sedih susah nerima masukan, saran, nasihat.. gua terlalu lama bergumul dengan kesedihan gua. Tapi disini renungan itu menyadarkan gua, kalau sebenernya gua masih dikasih kesempatan. UTS di ITB ada 2 untuk pelajaran Mat Fisika Kimia. Gua masih bisa perbaiki nilai gua di UTS 2 , sebelum akhirnya dijadiin nilai kumulatif. Mungkin untuk saat ini gua masih dirundung kesedihan, tapi gua tau kalau gua harus bangkit, dan jadi pribadi yang lebih baik lagi dengan kemampuan yang lebih baik juga.

Nah teman-teman yang baca post ini, mungkin masalah kalian jauh lebih berat dari gua, mungkin masalah gua cuma sekedar nilai sementara punya kalian jauh lebih susah yang menurut kalian susah untuk percaya akan rencana Tuhan di hidup kalian. Tapi , 1 yang harus kalian tahu , kalau semua rencana Tuhan itu baik. Semuanya baik, tidak ada yang terkecuali. Mungkin kalian udah berdoa siang dan malam, tapi akhirnya tetap aja gak dapet hasil yang kalian inginkan. Teman-teman , itu artinya Tuhan ingin menjawab doa kalian dengan cara lain, atau Tuhan ingin memberikan apa yang kita inginkan, namun waktunya belum tepat. Kapan waktunya tepat? Jika kita berdoa dan berusaha semaksimal mungkin, jika itu baik di hadapan Tuhan, Tuhan akan kasih buat kita. Tapi jika hal yang kalian minta tidak baik, itu waktunya kita untuk introspeksi diri, dan berubah menjadi diri yang lebih baik.

Nah, sekian dulu post gua untuk hari ini. Mungkin hari ini gua masih sedih dan tidak bersemangat karena nilai Fisika gua, tapi percayalah ketika kalian baca post selanjutnya, gua udah bangkit dari kesedihan gua dan bangkit + berusaha untuk jadi yang lebih baik lagi . Masalah kalian tidak akan sampai membunuh kalian, justru masalah kalian akan membuat kalian menjadi pribadi yang lebih tahan akan cobaan. What doesn't kill you, makes you stronger, even stronger than before ;)

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar